PEMANFAATAN MICROSOFT EXCEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA


Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat merangsang pikiran, menyalurkan suatu informasi dan dapat mendorong terciptanya kemauan pada diri peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektifitas pembelajaran. Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu guru dalam mengajar dan media tersebut biasanya berbentuk sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran, seperti : buku, film, video-video pembelajaran dan yang lain sebagainya. Media pembelajaran sangatlah cocok digunakan untuk materi pembelajaran yang susah atau sulit dimengerti oleh siswa, misalnya saja materi pembelajaran matematika. Selama ini matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit oleh sebagia siswa. Anggapan tersebut tercipta karena pemikiran siswa tentang sulitnya menghafal rumus, lambing-lambang, symbol-simbol dan berbagai hal tentang pembelajaran matematika tersebut. Hal tersebut merupakan paradigm yang terjadi di berbagai tingkata sekolah. Apalagi ketika akan menjelang Ujian Nasional, siswa akan cenderung takut kepada pelajaran matematika. Namun untuk mengubah pandangan siswa tersebut, saya akan coba untuk menawarkan Microsoft Excel sebagai media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam mempelajari matematika.

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungs-fungsi, pembuata grafik dan manajemen sebuah data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administrative mulai dari yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudahnya diselesaikan dengan MIrosoft Excel.

 

Sebagai contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah laporan keuangan yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot table atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan keuangan. Penyelesaian masalah yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaannya lebih mudah.

Berdasarkan penjelasan diatas tentang pengertian umum Microsoft Excel, kita dapat ketahui bahwa Microsoft Excel ini dapat dimanfaatkan sebagai suatu media bantu dalam suatu pembelajaran matematika. Microsoft Excel ini dapat dipakai sebagai alat hitung, penerapan rumus dan merpermudah dalam melaksanakan operasi hitung yang sederhana.

Contoh : Penerapan Microsoft Excel dalam Teorema Pythagoras

Jadi dalam penerapan suatu rumus Teorema Pythagoras seorang guru dapat merancag operasi hitung dalam Microsoft Excel, sehingga dapat memudahkan di dalam menghitung sisi miring dalam sebuah segitiga. Dalam menghitung sisi miring rumusnya adalah sebagai berikut :

rumus luas segitiga siku

Setelah mengetahui rumus tersebut, seorang guru dapat menggunakan Microsoft Excel untuk mengetahui nilai c pada segitiga. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, buka program Microsoft Excel ( Klik Start, All Program, trus Klik Microsoft Officce, Microsoft Excel)
  2. 2.      Setelah terbuka, guru harus menggunakan 2 sheet yang ada pada lembar kerja. Pada sheet pertama guru menampilkan sebagai berikut :

Capture

Dengan tampilan yang demikian guru nantinya hanya tinggal mengisi pada kolom “nilai” (setelah rumus dibuat), dimana guru mengisi pada baris “a” dan baris “b”, karena c merupakan sisi miring dari segitiga. Jadi setelah diisi pada baris berikut nilai “c” akan secara otomatis terlihat.

  1. Selanjutnya pada sheet 2 guru menulis rumus untuk mencari sisi miring pada segitiga ( c ) dan menyambung antara sheet 1 dengan sheet 2 dengan cara sebagai berikut :

Pada Microsoft Excel rumus teorema Pythagoras untuk mencari sisi miring dibagi menjadi 2 bagian rumus. Rumus 1 yaitu : a2 + b2  dan rumus 2 adalah  , hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan untuk melakukan rumus akar pada Microsoft Excel ( dilaksanakan pada sheet 2 ).

Sheet  1

Capture 3

Sheet  2

Capture 2

Memasukan rumus 1 dan rumus 2 pada sheet 2 :

Rumus 1: =Sheet1!C2*Sheet1!C2+Sheet1!C3*Sheet1!C3

Rumus 2: =SQRT(C2)

Setelah membuat kedua rumus tersebut, kita hanya akan menghubungkan sisi miring “c” dengan “Rumus 2”. Caranya adalah dengan membuat rumus pada kolom “Nilai” baris “c” yaitu =Sheet2!C3. Inilah contohnya :

Capture 6

Untuk mencoba dapat diganti nilai “a” dan “b” dan hasilnya “c” akan secara otomatis terlihat.

Demikian salah satu contoh penerapan Microsoft Excel sebagai media pembelajaran matematika dan masih banyak inovasi lain  untuk menerapkan program Microsoft Excel dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika.

Selain memberikan kemudahan menghitung di dalam matematika, dengan menerapkan Microsoft Excel ini guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan teknologi dan akan memberikan motivasi tersendiri kepada siswa dalam mempelajari matematika.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Dan saran yang dapat saya berikan adalah dalam melaksanaka pembelajaran matematika harus memperhatikan penggunaan media yang cocok terhadap materi pembelajaran sehingga dapat dimengerti dengan mudah oleh seluruh peserta didik di sekolah-sekolah.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s